Saturday, May 19, 2012

Bagaimana memulai untuk menulis / Tulislah semua ide anda



Pada saat seseorang menemui kegagalan dalam menulis semuanya, beberapa konsekuensi yang serius bisa saja terjadi. Orang-orang akan kehilangan waktu produktivitas  mereka, mereka membuang-buang dana, dan mereka secara tidak langsung telah menciptakan stres bagi diri mereka sendiri dan semua orang di lingkungan sekitar mereka. Kebanyakan orang gagal untuk menulis sesuatu karena mereka percaya mereka akan dapat mengingat semua hal penting apapun selama beberapa hari. Ini, bagaimanapun, adalah prinsip yang sangat keliru.


Bagaimanapun tidak semua orang yang terlahir dengan bakat daya ingat yang tajam.Sebagian dari kita bahkan sebagian besar dari kita merasa sulit untuk mengingat semua hal yang kita anggap penting ataupun tidak karena kesibukan yang kita jalani sehari-hari. Pada umumnya, selalu ada saja yang akan mengganggu Anda untuk mulai mnelurkan ide-ide bagus Anda menjadi sebuah tulisan, sebut saja, pekerjaan kantor yang menumpuk, panggilan untuk melakukan pekerjaan luar kota atau ajakan rekan untuk melakukan hal-hal yang akan menambah beban pikiran Anda. Kita mencoba untuk berpindah dari satu kegiatan ke kegiatan lainnya. 

Pikiran-pikiran baru selalu muncul ke dalam pikiran kita sepanjang waktu. Kita terus-menerus akan merasa terganggu sebelum kita dapat menyelesaikan pekerjaan kita. Ketika kita akan menulis sesuatu ide baru yang muncul, dikarenakan kesibukan yang banyak  kita mencoba menuliskan ide tersebut kedalam sebuah kertas kecil yang akhirnya nanti akan hilang atau kita lupa dimana menyimpannya. Mulailah menulis segalanya dengan cara yang dasar yang benar akan mengakhiri semua kegilaan ini yang selama ini biasa kita lakukan sebagai rutinitas.

Mulai saat ini bisa Anda coba sebuah rumusan sederhana bagaimana Anda memulai menulis sesuatu.
Yang perlu Anda lakukan adalah sebuah hal sederhana dan mungkin biasanya Anda anggap suatu hal yang sepele. Anda harus mengembangkan sistem pencatatan yang terorganisir yang bekerja untuk mengingatkan Anda. Sebuah “buku catatan kecil” adalah dasar yang sangat bagus untuk memulainya. Anda bisa membeli atau membuat sendiri “buku catatan kecil” tersebut. Tapi jangan sampai Anda lupa untuk catatan kecil Anda tersebut minimal memuat tempat untuk menuliskan waktu atau tanggal, tempat, nama, afiliasi bisnis, ide Anda atau pemikiran-pemikiran baru yang timbul yang bisa Anda jadikan tulisan. Hal ini dapat membantu Anda untuk menentukan beberapa hal ketika Anda menganalisa apa saja yang Anda tulis di catatan kecil Anda tersebut di kemudian hari, ketika Anda memiliki kesempatan atau pun disaat Anda tengah berpikir untuk menulis sesuatu. 

Hal ini akan membuat Anda akan lebih produktif tanpa perlu susah untuk mengingat ide-ide atau hal-hal yang menurut Anda penting, tanpa Anda melupakan hal tersebut. Bahkan disaat Anda dihadapkan akan pekerjaan yang menumpuk dan hal-hal lain yang akan memunculkan pemikiran-pemikiran baru sekalipun, Anda tidak akan melupakan hal-hal yang penting tersebut, Anda dapat mengingat semuanya karena Anda menulis semu hal tersebut. Dengan membaca beberapa dari tulisan-tulisan Anda pada notebooktersebut beberapa kali sehari dapat juga membantu menyegarkan memori Anda untuk meninggalkan semua pekerjaan yang belum selesai.

Selain itu, Anda tidak akan melupakan kapan dan dimana kejadian saat Anda menuliskan tulisan Anda tersebut, yang sangat berpengaruh dalam pembuatan tulisan-tulisan Anda dan menambah inspirasi Anda.
Jadi mulailah sekarang jika Anda belum mencobanya. Apakah Anda membuat sendiri atau membelinya, menulis segalanya membutuhkan kesabaran dan ketekunan Anda. Anda mungkin sering lupa untuk menulis semuanya. Sekaran cobalah dalam satu hari pada saat Anda memiliki waktu senggang, jangan paksakan diri Anda untuk berpikir lebih jauh dari yang Anda mampu, cobalah secara bertahap dan lakukan secara rutin. 
Pada saat Anda sudah mulai mencoba untuk tekun dan sabar untuk menjadikannya sebagai suatu rutinitas, Anda akan mendapati bahwa hal tersebut secara tidak langsung sudah menjadi suatu rutinitas Anda, dan sesuatu yang Anda butuhkan.

Jadi ambillah sebuah “Notebook” dan mulailah menuliskan sesuatu, untuk Anda jadikan sebuah tulisan Anda.

Semoga sukses.

baca juga disini


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment

thanks to visit my blog and leave comment

Translate

beli pulsa ya di opulsa!!! tersedia berbagai pulsa dan voucher

www.opulsa.com

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service